Cara Kirim Foto Sekali Lihat di Instagram

Instagram memiliki segudang fitur menarik untuk penggunanya. Beberapa fitur tersebut juga bisa meningkatkan privasi. Salah satunya adalah fitur sekali lihat alias View once di pesan langsung (direct message/DM).

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan si penerima melihat isi pesan sekali saja. Setelah dibuka, pesan akan langsung hilang secara otomatis. View once hanya berlaku untuk pesan berupa foto atau video. Pengiriman teks yang terhapus secara otomatis bisa dilakukan lewat fitur lain bernama Vanish mode.

Kembali ke View once, cara mengirimkan foto dan video sekali lihat dengan fitur itu sangat mudah dan bisa dilakukan dengan langkah-langkah yang telah kami rangkum berikut ini:

  1. Jalankan aplikasi Instagram, lalu buka menu DM Instagram.
  2. Pilih percakapan atau penerima yang ingin dikirimi pesan.
  3. Klik ikon kamera yang ada di sisi kirim kolom pesan.
  4. Ambil foto atau video yang hendak dikirim.
  5. Kemudian, geser opsi yang ada di sisi bawah tombol shutter. Pilih opsi “View once” untuk mengirim pesan sekali lihat.
  6. Opsi “Allow reply” digunakan untuk mengirim pesan yang memungkinkan penerima bisa membalas pesan. Opsi ini juga memungkinkan penerima melihat foto atau video sebanyak dua kali.
  7. Opsi “Keep in chat” memungkinkan pesan tetap tersimpan di ruang obrolan dan pesan bisa dilihat berulang kali.
  8. Setelah yakin, Anda dapat langsung mengirim foto atau video sekali lihat.

Sedikit catatan, apabila penerima melakukan screenshot atau tangkapan layar terhadap foto sekali lihat, maka pengirimnya akan menerima notifikasi. Notifikasi tersebut berupa logo screenshot yang ada di sisi kanan foto atau video sekali lihat yang dikirim. Dapatkan update teknologi terbaru di amazingindonesia.id

Arini merupakan penulis aktif pada situs https://blog.umsida.ac.id/arini/. Blog ini merupakan portal situs berita atau media online tentang berbagai informasi dan tutorial tentang teknologi serta aplikasi.