Asah-kompetensi-keilmuan,-Puspresnas-gelar-KNMIPA-2021-untuk-Perguruan-Tinggi

Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ristek kembali menyelenggarakan Seleksi Nasional Lomba Matematika dan Sains atau KNMIPA 2021.

KNMIPA adalah kompetisi sains nasional untuk pendidikan tinggi yang terdiri dari fisika, kimia, matematika dan biologi.

Asah-kompetensi-keilmuan,-Puspresnas-gelar-KNMIPA-2021-untuk-Perguruan-Tinggi

Pada tahap pertama, seleksi akan dilakukan secara online pada 23-24 Juni 2021 di tingkat regional.

“KNMIPA tahun ini akan terus diadakan secara online dengan harapan dapat menjadi ajang yang membuat para siswa tetap semangat,” ujar Asep Sukmayadi, Pj Direktur Puspresnas (23/06/2021).

Asep berharap acara ini dapat menjadi bagian dari perwujudan semangat “kebebasan belajar, kampus mandiri”.

“Siswa dapat menunjukkan prestasinya dalam matematika dan sains, serta meningkatkan keterampilan kritis melalui pendidikan sains dasar,” kata Asep.

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

Baca juga: Di ajang IFLC 2021, Bernadeta Ikuti Kesuksesan dari Madiun

ke Panggung Dunia
Diikuti oleh 2.400 siswa

Kompetisi KNMIPA dimulai dengan seleksi di tingkat perguruan tinggi

, kemudian dikurasi di tingkat provinsi dan berakhir di tingkat nasional.

Jumlah peserta yang mengikuti seleksi KNMIPA tahun ini sebanyak 3.838 mahasiswa yang mendaftar dari 296 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Seleksi awal peserta di tingkat perguruan tinggi dilakukan pada Februari 2021. Dari hasil seleksi awal ini, 65 peserta dari masing-masing wilayah di masing-masing wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) berhasil direkrut dari seleksi ini.

Selain itu, mereka akan bertanding di tingkat nasional mulai 27-30 Juli 2021. Selama proses seleksi, semua peserta wajib menyalakan video selama kompetisi untuk meminimalisir ketidakjujuran.

KNMIPA pada tahun 2021, kata Asep, mengalami perubahan dari tahun lalu.

Perubahannya ada pada sistem yang digunakan dalam penyaringan peserta.

“Pada tahun 2021, data peserta disinkronisasikan dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) untuk meminimalisir peserta yang tidak aktif,” kata Asep.

Panitia juga menambah kuota delegasi KNMIPA di tingkat nasional. Dulu panitia menetapkan kuota tiga mahasiswa per mata kuliah dari masing-masing universitas, kini lima mahasiswa dari setiap mata kuliah bisa dikirim untuk mengikuti seleksi nasional.

Penambahan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti), yakni Wilayah XV untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Wilayah XVI untuk Provinsi Gorontalo, juga berdampak pada tahun ini.

Pada tahun 2020, jumlah pendaftar yang mengikuti seleksi KNMIPA sebanyak 2.400 pendaftar dan LLDikti Wilayah VII kembali mendominasi jumlah peserta KNMIPA tahun ini.

LIHAT JUGA :

serverharga.com
wikidpr.id
riaumandiri.id
dekranasdadkijakarta.id
finland.or.id
cides.or.id