aplikasi page maker

aplikasi page maker

Menjadi Penerbit Koran dengan Aplikasi Page Maker. Aplikasi adalah sebuah program perangkat lunak untuk membantu pekerjaan manusia. Saat ini orang-orang yang bergerak di bidang bisnis menggunakan berbagai macam aplikasi. Entah aplikasi pada komputer atau pada android. Aplikasi yang digunakan pun bermacam-macam sesuai dengan fungsinya masing-masing. Salah satu aplikasi yang sangat populer adalah page maker.

Page maker merupakan salah satu software desain grafis untuk membuat desain publikasi, brosur, majalah, poster, kartu, Koran, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin membuka usaha penerbitan Koran, maka kamu membutuhkan berbagai macam aplikasi desain grafis.

Aplikasi satu ini juga memiliki kemampuan lebih untuk mengatur halaman dan layout buku. Namun, file yang digunakan adalah teks yang memiliki format TXT atau RTF. Jadi, kamu perlu mengubah format file menjadi TXT atau RTF supaya dapat dikelola oleh aplikasi ini.

Ada beberapa langkah supaya kamu dapat membuat desain koran atau newspaper sederhana dengan aplikasi page maker. Pertama, kamu dapat menggunakan page maker versi 7.0 dengan tool yang lebih lengkap. Klik file pilih new untuk menampilkan dialog box document setup. Pilih ukuran kertas dengan klik custom.

Pada kotak dimension masukkan ukuran newspaper 340 mm x 550 mm. Pada ukuran margins adalah 5 mm. Masukkan angka 1200 untuk target output resolution. Kemudian compose to printer untuk mencetak newspaper. Klik layout-colum guides untuk memasukkan ukuran kolom sesuai kebutuhan.

Setelah lembar kerja tampil, buatlah konsep tata letak menggunakan rectangle tool. Secara umum, tata letak untuk newspaper meliputi headline, foto A, B, feature, dan kolom rubrik. Kemudian klik text tool untuk mengetik naskah sesuai kebutuhan. Jika ingin memindahkan tulisan ke dalam lembar kerja adobe page maker secara praktis.

Kamu dapat membuka file ms word untuk meng-copy paste ke dalam lembar kerja page maker. Untuk menyisipkan gambar yang menarik pada desain newspaper. Klik file-place untuk memasukkan gambar yang sesuai. Setelah layout dan desain newspaper sudah selesai, maka carilah tempat digital printing untuk mencetak hasil desain.

Demikian beberapa cara membuat newspaper atau koran menggunakan aplikasi page maker secara praktis. Sehingga, aplikasi ini dapat membantu kamu membuka bisnis penerbitan koran secara indie. Hanya saja, beberapa persyaratan untuk membuka sebuah penerbitan koran juga dibutuhkan. Namun, paling tidak kamu memiliki skill mendesain dengan aplikasi ini untuk membangun pekerjaan secara mandiri.