28

Unsur larik dalam puisi serta pemahamanya merupakan hal penting yang ada saat menyajikan puisi. Dimana unsur penyertanya seperti larik menjadi bagian penting yang ada pada puisi tersebut seperti penjelasan di Avandaalvin. Lalu bagaimana caranya untuk bisa memahami puisi tersebut dan cara membacanya?

  1. Perhatikan Larik Pada Puisi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah perhatikan larik dalam puisi. Dimana hal ini menjadi penting ketika larik ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari baris-baris puisi yang ada tersebut. Dengan adanya unsur larik inilah puisi tersusun menjadi bait per bait yang ada .

Kemudian setelah perhatikan lariknya, maka sajikan puisi dengan cara runtut mengurutkan larik yang ada pada puisi tersebut. Sehingga akan tersaji bagian puisi secara utuh dan menyeluruh tanpa meninggalkan unsur larik yang ada di dalamnya.

2.Gunakan Diksi Yang Tepat

Dalam menciptakan puisi harus menerapkan diksi yang tepat serta mampu membuat puisi lebih hidup. Pemaknaan diksi ini terdapat pada unsur penyerta lainnya sehingga kata di puisi memiliki makna yang lebih dalam. Pada setiap larik puisi inilah unsur diksi juga masuk di dalamnya, sehingga puisi menjadi lebih indah.

Diksi ini yang juga akan menghadirkan puisi begitu lebih bermakna juga membuka kekuatan tersendiri dalam setiap lariknya. Itulah kenapa pentingnya penggunaan diksi pada setiap larik di puisi. Selanjutnya perlu memahami berbagai unsur penyerta lainnya yang ada pada bait hingga cerita dalam puisi.

3.Berikan Unsur Dramatisasi

Unsur dramatisasi pada puisi sangat penting, biasanya dengan menggunakan beberapa majas pada setiap larik. Jadi puisi akan semakin tampak menarik serta menghadirkan unsur yang sangat dalam pada pemaknaan. Dramatisasi ini ada hubungannya dengan diksi juga penerapan dalam larik yang ada disetiap bait puisi.

Tidak hanya dalam puisi saja, biasanya unsur dramatisasi ini juga digunakan pada drama musikal, novel hingga film. Untuk bisa memberikan sesuatu yang menarik inilah unsur dramatiasi jadi masuk ke dalam hal penting pada puisi.

  1. Jadikan Puisi Sebuah Cerita Yang Menarik

Saat membuat puisi maka sajikan sebuah cerita yang menarik dimana unsur puisi tersebut akan memberikan penekanan dan keindahan tersendiri. Itulah kenapa unsur dalam puisi sangat penting untuk diperhatikan dan dijadikan panduan.

Dengan adanya penyajian cerita yang menarik pada puisi seperti yang ada pada catatan Avindaalvin. Maka pembaca akan merasa tersentuh juga berkesan menarik untuk bisa menghadirkan puisi dengan larik yang indah.

Dengan memahami bagaimana larik dalam puisi yang menjadi kekuatan untuk para pembacanya. Maka puisi tersebut sangat baik tersaji dalam bentuk larik yang sesuai dengan diksi dan unsur penting lainnya. Jadi sebuah puisi akan semakin menarik memiliki ciri dominan dimana melibatkan larik yang ada hingga unsur diksi didalamnya.