Macam-Macam Batu Alam dari Berbagai Daerah

Batu alam merupakan material yang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bahan konstruksi terutama untuk proses finishing. Ketertarikan alam dan tampilan dekoratif adalah salah satu alasan mengapa batu alam menjadi begitu populer.

Batu Alam
Batu Alam

Keragaman jenis dan metode pemasangan yang dapat menciptakan pola dan bentuk yang berbeda membuat batu alam seolah-olah menjadi elemen penting dalam pembangunan rumah apa pun, mulai dari taman, pagar, bahkan kamar mandi.

Setidaknya ada berbagai jenis batu alam dengan tampilan yang kuat dan nilai estetika yang tinggi. Selain andesit, batu candi, batu pariman, batu candi, dan batu Yogyakarta yang telah kami sebutkan sebelumnya, Anda juga harus mengetahui lima batu alam lainnya yang memiliki keunikan tersendiri.

Macam-Macam Batu Alam dari Berbagai Daerah

· Batu Hijau Sukabumi

Batu Hijau Sukabumi berasal dari sebuah gunung di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Keunikan dari jenis batu alam ini adalah rasa kesegarannya jika dilihat dengan mata telanjang. Saat disentuh akan terasa dingin. Tak heran jika batu ini sering digunakan untuk kolam renang, pagar, dinding taman atau tiang penyangga.

Dilihat dari hijaunya dapat menciptakan kesan kontras pada bangunan. Berdasarkan sejarahnya, batu ini sudah terkenal sejak tahun 60-an dan alhasil banyak orang menyukai batu hijau sukabumi ini. Selain warnanya, harga batu ini juga terjangkau.

· Batu Marmer Merah (Pacitoroso)

Berbeda dengan batu hijau Sukabumi, marmer merah memiliki warna yang menarik. Warna merah seolah memberikan kesan suara yang kuat. Kegunaan batu jenis ini adalah untuk penghias bagian luar bangunan. Sejak tahun 1930-an, batu ini mulai populer di kalangan masyarakat, terutama kalangan bangsawan. Jenis batuan ini bisa Anda lihat di kawasan pertambangan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

· Batu Marmer Ujungpandang

Berikutnya adalah marmer Ujungpandang dari Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Terkenal sejak tahun 1980-an, jenis batu ini sering digunakan sebagai main-floor. Warna krem sangat cocok dengan berbagai jenis furnitur.

· Mozaik

Yang terakhir adalah mosaik. Jenis ini bukan batu. Tapi satu set baterai disiapkan dengan model pemasangan yang berbeda di pesawat yang sama. Cara Pemasangan Mosaik dipasang pada satu bidang dan disusun pada bidang datar yang disebut natting, yang diaplikasikan dengan menggunakan lem khusus. Sejarah munculnya mozaik berawal dari inspirasi porselen, keramik dan mozaik kaca yang unik. Seni dan kreativitas adalah alasan mengapa mosaik batu alam sangat populer.

Apa sih pengertiah dan sejarah dari Batu Alam ?

1. Pengertian Batu Alam

Batu alam adalah batu yang berasal dari alam dan biasa digunakan sebagai bagian dari konstruksi bangunan. Batu ini bisa digunakan sebagai pondasi interior atau eksterior rumah. Namun, semua jenis batu adalah batu alam. Tidak semua jenis bisa digunakan untuk kebutuhan konstruksi atau dekorasi dalam sebuah bangunan. Batu yang digunakan biasanya padat. Selain itu, keindahan dan gaya batu juga dinilai.

2. Sejarah Batu Alam

Orang Mesir kuno adalah peradaban pertama yang memproduksi, mengolah, dan membangun dengan batu alam. Mereka membangun sebagian besar monumen dari granit dan batu kapur. Salah satu monumennya adalah The Great Pyramid of Cheops, dibangun dari balok-balok batu kapur besar sekitar tahun 2560 SM.

Orang Yunani juga menggunakan batu alam untuk membangun kuil. Mereka membangun Kuil Artemis dengan marmer. Tidak hanya Artemis, orang Yunani juga membangun istana marmer, seperti Parthenon, Theseum, dan Zeus.

Baca Selengkapnya:jenis batu alam yang paling umum

Terima kasih telah membaca artikel bertema Batu Alam mengenai macam-macam batu alam dari berbagai daerah, semoga bermanfaat bagi orang-orang yang membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *