Kampus Ini Siap untuk Kuliah Tatap Muka

kampus siap tatap muka

Beberapa kampus siap dengan skenario perkuliahan bertemu muka tanpa tidak pedulikan factor keamanan dan kesehatan bersama.

Sekolah bertemu muka telah jalan, lalu bagaimanakah dengan kuliah bertemu muka? Sesudah demikian lama kuliah online, yang sekarang ini dengan status mahasiswa, atau mahasiswa baru, tentu bertanya kapan kuliah bertemu muka diawali. Nach, berikut beberapa universitas yang telah dan sedang siap-siap untuk jalankan kuliah off-line.

1. Universitas Negeri Jakarta

UNJ jadi sisi dari universitas yang siap bertemu muka pada semester ini. Walaupun demikian, perkuliahan bertemu muka terbatasi untuk aktivitas praktikum saja dan dilaksanakan dengan bertahap, yang diprediksi terus berjalan sampai Desember. Bagaimana dengan perkuliahan materi yang bukan praktikum? Sampai saat ini masih tidak bisa ditegaskan kapan kuliah bertemu muka pemberian materi yang tidak membutuhkan praktikum akan diawali.

2. Institut Teknologi Bandung

Sempat berencana evaluasi hybrid untuk semester ganjil 2021, ITB harus menangguhkan niat karena PPKM. Tetapi penyiapan perkuliahan hybrid itu tidak percuma. Dengan masih tetap memprioritaskan kehati-hatian, ITB kini sedang direpotkan oleh penyiapan kuliah bertemu muka. Bila keadaan terus lebih baik, kuliah bertemu muka di ITB akan diawali sesudah UTS dengan kemampuan ruangan kelas tidak lebih dari 30%.

3. Institut Pertanian Bogor

Berkenaan dengan kapan kuliah bertemu muka akan diawali, IPB memprioritaskan kehati-hatian sama dengan ITB. Jika kondisi cukup aman, kuliah bertemu muka 2021 di IPB akan diawali di bulan Oktober atau sesudah UTS. Kuliah off-line itu nanti semakin lebih memprioritaskan aktivitas praktikum.

Baca Juga : Jenis Jenis Matriks

4. Universitas Sebelas Maret

Berdasarkan surat selebaran Walikota, Evaluasi Lihat Muka (PTM) terbatas di UNS telah diawali semenjak 6 September 2021. Disebutkan terbatas karena kuliah off-line dilaksanakan dengan limitasi kemampuan ruangan kelas. Diawali dengan 30% dari kemampuan normal, pemakaian ruangan kelas diperkirakan terus akan bertambah jika keadaan terus lebih baik. Mahasiswa semester I Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ekonomi dan Usaha (FEB), Fakultas Keolahragaan (FKOR), dan Fakultas Kedokteran (FK) yang ikuti Evaluasi Lihat Muka (PTM) terbatas akan diikuti oleh mahasiswa semester V dan VI.

5. Universitas Airlangga

Sama seperti UNS, Unair memulai perkuliahan bertemu muka terbatas pada 6 September 2021. Kuliah bertemu muka di Unair dituruti oleh 25% mahasiswa pada semua program study. Sesudah UTS di bulan Oktober kelak, Unair diperkirakan akan mengawali praktikum hybrid, secara off-line dan online, pada prodi-prodi Pengetahuan Kesehatan.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Bulan September jadi opsi ITS untuk memulai kuliah bertemu muka 2021. Namun, tidak seperti UNS dan Unair, ITS memutuskan untuk memulai Evaluasi Lihat Muka (PTM) hybrid pada bulan akhir. ITS memprioritaskan mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 yang tinggal di teritori Surabaya Raya untuk ikuti Evaluasi Lihat Muka (PTM) hybrid karena mereka belum rasakan pengalaman kuliah langsung di universitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *