Mengenal Alat Ukur Pemetaan Digital Theodolite dan Total Station

Alat Ukur Pemetaan

Digital Theodolite ialah instrument untuk menghitung pojok horizontal dan vertikal, sama seperti yang dipakai dalam jaringan triangulasi, dan tugas geo-lokasi. Ini ialah alat yang dipakai dalam survey tanah dan industri eksperimen. Tapi Theodolite sudah diadaptasi untuk maksud khusus yang lain juga.

Arah khusus yang lain membuat Digital Theodolite bagus untuk tatanan letak toko dan pabrik dari perlengkapan dan peralatan. Mereka bekerja yang baik untuk tatanan letak untuk pembangunan lurusan beton, kolam renang, lapangan golf, lansekap, dan design jalan.

Ketepatan horisontal Digital Theodolite bergantung pada detik. Teodolit 2 detik lebih tepat dibanding teodolit 5 atau 9 detik. Bila Anda berpikiran mengenai lingkaran horizontal jika theodolite berputar-putar, lingkaran dipisah jadi 360 derajat. Tiap derajat dipisah jadi 60 menit, dan tiap menit dipisah jadi 60 detik.

Pojok horizontal ialah ukuran ketidaktelitian (karena itu ketepatan) yang bisa diukur secara horizontal oleh theodolite atau lokasi didalamnya. Bila rangking ketepatan theodolites ialah 2 detik (dicatat 2 “) karena itu cuman akan kehilangan 2 detik pengukur horizontal dalam jarak tertentu.

Pada umumnya, teodolit 9 detik untuk situs konstruksi di mana Anda bekerja relatif dekat, ucapkanlah di dalam 200 kaki dari instrument. Sesaat 2 Anda akan bekerja 2, 000 mtr. dan masih kerja dengan beberapa tingkat legalisasi. Umumnya kontraktor bangunan, baik perumahan atau komersil, bisa memakai teodolit 9 detik tanpa alami permasalahan karena ketepatannya.

Pada jarak ini, semakin banyak kekeliruan berbentuk kekeliruan manusia, seperti tidak meratakan instrument secara benar atau ambil pembacaan cepat yang pas untuk kekeliruan.

Total Station

Total Station merupakan tehnologi alat yang menyatukan secara elektornik di antara tehnologi Theodolite dengan tehnologi EDM. Total station ialah alat ukur jarak electronic yang memakai gelombang elektromagnetik cahaya infra merah sebagai gelombang pembawa signal pengukur dan ditolong dengan sebuah reflektor berbentuk prisma sebagai sasaran.

Total Station banyak juga di terapkan pada tugas di bagian Pertambangan dan Konstruksi. Jasa jual total station yang banyak kita temui dipasaran, menjual total station berbagai brand, antara lain adalah :

  • Total Station Nikon (Jepang)
  • Total Station  Spectra (Jepang)
  • Total Station Topcon (Jepang)
  • Total Station Sokkia (Jepang)
  • Total Station Leica (Jepang)
  • Total Station South (China)

Total station ialah instrument electronic yang dipakai dalam pemetaan dan konstruksi bangunan. Total station sebagai teodolit terpadu dengan elemen pengukuran jarak electronic atau elektronik distance mtr. (EDM). Dipakai untuk membaca jarak dan kemiringan dari instrument di titik tertentu.

Aplikasi

Total station sering dipakai dalam pemetaan tempat. Seperti pemetaan topography untuk konstruksi jalan dan bangunan. Total station dipakai di website arkeologi untuk menghitung kedalaman penggalian, dan oleh kepolisian untuk lakukan interograsi tempat peristiwa kasus.

Pertambangan

Total station sering dipakai dalam pemetaan teritori pertambangan. Tehnologi ini bisa dipakai dalam tambang tertutup untuk menghitung kedalaman dan jarak tambang dari permukaan dan mulut tambang, kedalaman penggalian pada tambang terbuka.

Baca Juga : Pengertian Peralatan Topografi Lengkap dengan Fungsi dan Kegunaannya

Konstruksi

Total station yang dipakai dalam sektor konstruksi biasanya untuk lakukan pengukur lokasi pembangunan saat sebelum dilaksanakan perataan tanah dan penempatan fondasi, menghitung tingkat kemiringan dan kerataan lantai yang diinginkan dan status bangunan tertentu pada bangunan yang lain.

Disamping itu, penempatan perpipaan dan kabel memerlukan tehnologi ini; khususnya perpipaan untuk tingkatkan efektivitas pemompaan fluida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *