7 Rekomendasi Makanan Khas Sulawesi tengah yang Populer dan Menghidupkan Selera

Selainnya populer dengan keberagaman budaya, Indonesia kaya makanan ciri khas setiap wilayahnya terhitung Sulawesi tengah. Buat kamu yang akan berkunjung Kota Palu dan sekelilingnya, 7 makanan ciri khas Sulawesi tengah ini benar-benar harus kamu cicip. Dimulai dari duet sale, uta kelo sampai nasi jagung, bermacam makanan tradisionil dengan cita-rasa ciri khas yang disukai oleh beberapa orang ini akan memperbaiki berlibur kamu di Sulawesi tengah. Berikut ini informasinya dikutip dari situs kumpulan bertia sulawesi tengah terupdate.

  1. Duo sale, makanan ciri khas Sulawesi tengah yang pedas

Tidak komplet rasa-rasanya bila makan tanpa didampingi sambal. Kamu tentu sepakat dengan pengakuan itu. Salah satunya sambal yang terpopuler di Sulawesi tengah ini ialah duet sale. Makanan ciri khas Sulawesi tengah duet sale dibuat dari ikan teri yang sudah dikeringkan selanjutnya diolah dengan bumbu cabe merah, bawang merah, dan tomat. Sambal ciri khas kota Palu ini pas dikonsumsi bersama nasi hangat atau nasi jagung.

  1. Sayur daun Kelor Uta Kelo

Daun kelor rupanya juga bisa diolah jadi sayur. Di Sulawesi tengah sendiri, daun kelor seringkali diolah dengan menambahkannya bersama udang kering, santan, dan pisang kepok muda dan bumbu-bumbu lainnya jadi sebuah menu masakan. Makanan ciri khas Sulawesi tengah satu ini termasuk benar-benar unik karena sama seperti yang kita mengetahui, daun kelor bukan bahan makanan yang biasa dipakai.

  1. Nasi Jagung, makanan pokok alternatif

Sering warga daerah tertentu menukar makanan dasarnya dari beras jadi umbi-umbian seperti ubi, singkong atau jagung. Di Sulawesi tengah, ada nasi jagung sebagai makanan ciri khas wilayahnya sendiri. Makanan ini dibuat dari biji jagung yang telah tua lalu ditumbuk kasar sampai jadi sebesar biji beras. Nasi jagung ini tidak kalah nikmat rasanya dengan nasi dari beras. Teksturnya yang pulen dan rasa jagungnya yang unik sering membuat orang suka.

  1. Sup Iga Kaledo dengan kaldu yang kuat

Buat kamu fans daging sapi, makanan yang ini benar-benar harus dicicip. Kaledo ialah semacam sop kaki sapi yang diproses dengan bumbu-bumbu ciri khas yang membuat kaldu hingga membuat rasa renyah dan sedap. Kamu dapat makanan ciri khas Sulawesi tengah kaledo ini didampingi dengan nasi jagung dan duet sale supaya makan siang kamu lebih prima.

  1. Labia Dange, salah satu olahan berbahan sagu

Selainnya makanan berat, Sulawesi tengah punyai camilan alias cemilan yang paling ciri khas yakni labia dange atau dapat kita sebutkan dengan sagu dange. Sesuai namanya, cemilan ini dibuat dari sagu yang diolah memakai wajan dan tungku tanah liat hingga rasanya jadi ciri khas. Bila kamu sedang tidak mau makan nasi, kamu dapat menukarnya dengan labia dange ini yang umum dikonsumsi dengan olahan gula merah atau ikan. Makanan ini punyai cita-rasa renyah dan gurih yang jelas buat kamu suka.

  1. Nikmati sagu dan kuah kaldu dalam menu kapurung

Satu kembali makanan ciri khas Sulawesi tengah yang dibuat dari sagu dan tidak kalah sedapnya ialah kapurung. Sagu yang sudah masak akan disiram kuah kuning yang dibuat dari kaldu ikan, sayur, potongan manga, dan daging udang. Dengarnya saja kamu tentu tidak tahan ingin mencicipinya kan? Dengan menjadikan satu beragam bahan makanan barusan, membuat kapurung memiliki rasa yang paling renyah.

  1. Minuman jahe Saraba

Kamu tentu tidak asing dengan wedang jahe. Di Sulawesi tengah terutamanya di kota Palu ada salah satunya minuman ciri khas yang rasanya serupa dengan wedang jahe yakni saraba. Minuman ciri khas Sulawesi tengah ini dihidangkan pada kondisi hangat dan benar-benar cocok dikonsumsi saat hari sedang hujan atau saat udara sedang benar-benar dingin.

Jadi , sudah tahu kan makanan dan minuman ciri khas Sulawesi tengah apa yang perlu kamu cicip saat ke sana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *