Cara Ubah Tampilan Home Screen iPhone

Apple belum menambahkan kemampuan untuk mengubah tampilan seluruh layar Home iPhone. Sampai saat ini, pengguna hanya bisa mengganti wallpaper layar iPhone.

Tidak seperti smartphone Android, di mana pengguna dapat mengubah tampilan layar, beberapa pengguna iPhone hanya dapat melihat layar awal iPhone apa adanya.

Apple memang tidak menawarkan banyak fitur untuk mengubah home screen iPhone agar terlihat lebih cantik. Namun, ada versi iOS 14 saat ini sehingga pengguna dapat menambahkan widget ke layar beranda mereka.

“Home screen merupakan bagian utama dari tampilan sebuah ponsel dan sering digunakan sebagai wadah untuk memuat berbagai aplikasi,” demikian ulasan di careercenter.id.

Di smartphone Android, pengguna dapat mengubah desain layar beranda mereka. Font, logo atau ikon aplikasi, wallpaper, animasi layar, dll.

Di sisi lain, pengguna iPhone yang putus asa hanya bisa meredupkan tema tampilan, mengganti wallpaper, atau menambahkan widget.

Perubahan ini dilakukan secara manual satu per satu dan tidak digabung menjadi satu menu pengaturan tema seperti pada ponsel Android.

Namun, jika kamu ingin membuat layar beranda yang indah di iPhone kamu, masih ada beberapa metode yang dapat diikuti pengguna. kamu dapat mengganti ikon aplikasi iPhone dengan ikon yang lebih menarik. Ini tidak memerlukan dukungan aplikasi tambahan.

Simpan gambar di galeri dengan tema yang sesuai dan gunakan fitur aplikasi default yang disebut “Pintasan” atau “Pintasan” untuk menjadikan gambar sebagai ikon aplikasi kamu.

Aplikasi ini dapat diakses langsung dari iPhone yang menjalankan setidaknya iOS 13 atau lebih baru. Jadi pertama-tama pastikan ponsel kamu menjalankan iOS yang mendukung aplikasi Pintasan.

Cara mengubah gambar ikon aplikasi iPhone

  • Kumpulkan gambar yang ingin kamu tetapkan sebagai ikon aplikasi. Ada banyak situs web yang menawarkan gambar ikon aplikasi gratis untuk kamu gunakan.
  • Kunjungi halaman ini dari browser Safari kamu dan pilih serta unduh gambar ikon dari koleksi yang tersedia. Gambar yang diunduh disimpan di folder Unduhan pada aplikasi File.
  • Buka gambar, klik Opsi Bagikan, dan pilih opsi Simpan Gambar.
  • Gambar disimpan di galeri iPhone.
  • Buka aplikasi Pintasan.
  • Klik ikon plus di sudut kanan atas halaman beranda Quick Apps.
  • Klik opsi “Tambah Tindakan” dan masukkan tindakan bernama “Buka Aplikasi” atau “Buka Aplikasi”.
  • Saat tindakan muncul di kolom, klik “Nama Aplikasi” yang dieja samar-samar dan mulailah mengetik aplikasi yang ingin kamu buka dari pintasan.
  • Kemudian klik ikon tiga titik biru di pojok kanan atas halaman Add Context Menu.
  • Kemudian klik opsi Tambahkan ke Layar Utama
  • Di bilah nama dan ikon layar beranda, klik logo pintasan untuk membuat aplikasi yang ingin kamu gunakan, klik opsi Pilih gambar, dan masukkan gambar yang disimpan di galeri.
  • Di kolom khusus, ubah nama pintasan aplikasi sesuai keinginan kamu.
  • Setelah selesai menyiapkan pintasan, klik opsi Tambah.

Selanjutnya, kamu akan melihat ikon aplikasi di layar beranda iPhone kamu dengan gambar yang lebih menarik.

Aplikasi pintasan membuat tombol pintasan yang memungkinkan kamu melakukan berbagai tindakan dengan cepat, seperti membuka aplikasi.

Jadi cara diatas tidak dimaksudkan untuk mengganti gambar icon di aplikasi utama. Namun, gunakan hotkey aplikasi untuk membuat gambar.

Tombol pintas dengan gambar ikon yang dimodifikasi sudah ada, tetapi aplikasi utama akan menampilkan logo asli di layar beranda iPhone.

kamu dapat menyembunyikan aplikasi utama sehingga layar beranda menampilkan pintasan aplikasi dengan ikon yang berubah. Dengan cara ini, layar beranda iPhone kamu akan terlihat lebih keren.

Untuk menyembunyikan aplikasi utama, ketuk dan tahan aplikasi utama hingga kamu melihat sembulan. Kemudian pilih opsi Hapus Aplikasi dan klik Hapus dari Mulai.

Aplikasi utama tidak muncul di layar beranda, tetapi disimpan di halaman pustaka aplikasi. kamu dapat mengulangi metode di atas untuk menambahkan pintasan ke aplikasi kamu dan menyembunyikan aplikasi utama dari halaman galeri aplikasi.

Ulangi ini sampai semua ikon aplikasi di layar beranda iPhone kamu terlihat sama dan menarik. Untuk mengembalikan aplikasi utama ke layar Utama, ketuk Aplikasi di halaman Perpustakaan dan pilih opsi Tambahkan ke Layar Utama.

Jika kamu bosan dengan gambar ikon pintasan, kamu dapat menghapusnya. Caranya tekan icon shortcut tersebut hingga muncul menu, lalu tap opsi delete. jangan khawatir. Menghapus pintasan tidak menghapus aplikasi utama.

Langkah-langkah di atas adalah untuk iPhone X yang menjalankan iOS 15.4. Pilihan kamu mungkin berbeda jika kamu memiliki model iPhone dan sistem operasi yang berbeda. Semoga sukses dan Tuhan memberkati kamu.

Sumber: https://pinter.my.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *